Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga

Asuransi Kesehatan Terbaik

Harus diakui, kesadaran berasuransi di tengah masyarakat Indonesia sejauh ini masih terbilang rendah. Walau masih ada pertumbuhan tiap tahun, namun secara umum penetrasi asuransi kesehatan di Indonesia masih tergolong rendah. Mengutip Investor Daily, tingkat penetrasi asuransi pada tahun 2016 hanya 2,8% terhadap total produk domestik bruto (PDB). Angka tersebut masih jauh bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura di mana penetrasi asuransi di sana masing-masing sudah di angka 4% dan 7%.

Perlu suatu produk Asuransi Kesehatan Terbaik yang dapat meng-cover kesehatan Anda selama Anda hidup di Bumi. Produk asuransi yang dimaksud adalah asuransi kesehatan.

Apa itu asuransi kesehatan? Bagaimana manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan? Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang bagus?

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik Yang Bisa Anda Miliki

Dengan cashless, penggantian klaim menjadi lebih mudah. Saat masuk rumah sakit, anda tidak perlu membayar, namun cukup menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi. Tidak perlu bayar dimuka, yang kemudian masih harus di reimburse ke asuransi (reimbursement).Namun, cashless ini mensyaratkan rumah sakit tempat Anda dirawat sudah bekerjasama dengan pihak Asuransi karena rumah sakit harus memiliki dan memasang mesin untuk menggesek kartu asuransi. Jika tidak kerjasama, meskipun asuransi memiliki sistem klaim cashless, Anda terpaksa harus tetap membayar dimuka dan kemudian menyelesaikan dengan reimbursement.

Jaringan Rumah Sakit Luas Klaim cashless tidak dapat dilakukan di rumah sakit yang tidak memiliki kerjasama dengan asuransi. Karena itu, pilih asuransi yang memiliki jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Pastikan rumah sakit langganan Anda (jika ada) bekerjasama dengan Asuransi Kesehatan Terbaik yang akan dipilih.

Plafond and Premi yang Sesuai Idealnya plafond asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan. Jika skema yang diambil lebih rendah, saat nanti dirawat inap, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi.Tentu saja, tingginya plafond berhubungan lurus dengan besarnya premi. Makin mahal harga kamar rumah sakit, makin mahal preminya. Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan malah memberatkan keuangan Anda. Harus siap trade-off antara premi dan plafond. Meskipun seringkali tidak mudah, karena soal kesehatan, misalnya pemilihan kamar rumah sakit, orang lebih emosional dan cenderung ingin nyaman serta bagus, yang implikasinya harga kamar yang mahal.

Prioritaskan Rawat InapBiaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki uang lebih, bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan.

Tanpa Limit per PerawatanTerdapat limit atau plafond yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, pertama adalah limit gabungan semua perawatan dan kedua adalah limit per perawatan. Misalnya, limit pertama membatasi gabungan semua biaya perawatan Rp 250 juta dalam setahun, sementara limit kedua membatasi biaya perawatan bedah Rp 10 juta setahun, biaya konsultasi Rp 10 juta setahun dan seterusnya.Ada asuransi yang hanya menggunakan limit pertama, ada yang hanya limit kedua dan ada pula yang menggunakan kedua limit secara bersamaan. Sebaiknya pilih Asuransi Kesehatan Terbaik yang menerapkan limit pertama, atau dengan kata lain tidak membatasi biaya per perawatan. Maksudnya supaya pemegang polis fleksibel berobat berbagai perawatan selama limit total masih ada. Asuransi yang membatasi dengan limit pertama dan limit kedua, tentu saja, yang paling tidak ideal.

Masa Tunggu Penyakit Asuransi kesehatan mensyaratkan masa tunggu, beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Misalnya, Cigna menetapkan penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian, yaitu asthma; TBC (Tuberculosis); batu ginjal, saluran kemih dan kandung kemih; darah tinggi (hipertensi), jantung dan pembuluh darah; Kencing manis (Diabetes Mellitus); Vertigo; dan lain – lain. Tanyakan ke pihak asuransi penyakit apa yang masuk masa tunggu dan berapa lama.

Keluarga merupakan bagian yang paling berharga. Hampir seluruh asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga memberikan manfaat yang berguna. Tapi belum tentu tepat untuk setiap orang. Terbaik itu relatif karena berhubungan dengan kebutuhan. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.